Selasa, 15 Oktober 2013

Melirik Tempat Duduk Si Copywriter

Dear All,

Tahu tentang profesi Copywriter? Itu yang sedang kulajani sekarang. Pekerjaan ini terbilang santai, tapi sangat dinamis. Menantang, tapi menyenangkan. Berbeda jika aku bercerita masa lalu, yaitu profesi wartawan. Sama-sama dinamis, menantang, dan menyenangkan, tetapi tidak ada kata santai. Semua berpacu dengan waktu. Semuanya masih berbenang merah seputar dunia tulis-menulis.

Apa itu copywriter? Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan diberbagai media. Baik di media cetak  (koran, majalah, tabloid) maupun elektronik (televisi, radio), ataupun media cyber. Seorang copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan copywriter adalah Creative Diretor dan mereka di dalam Creative Departement di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency). Namun tidak semua dalam naungan perusahaan iklan, sebab ada yang satu perusahaan dengan perusahaan media.

Setiap perusahaan memiliki aturan main sendiri dalam mengembangkan perusahaannya. Dan setiap bagian atau divisi pun memiliki strategi dalam mempertahankan dan mengembangkan divisinya. Salah satunya bagian iklan. Dalam sebuah perusahaan media, iklan merupakan unsur penting. Sebab, sebuah media tidak akan berjalan tanpa didukung iklan. Untuk itu, bagian iklan pun semaksimal mungkin memutar otak untuk mendapatkan sebuah iklan. Iklan tidak akan terbentuk dengan apik jika tidak ada tim kreatif yang dinamis, salah satunya copywriter. 

Tugas copywriter bukan hanya menuliskan kembali materi iklan, tetapi lebih untuk menarik hati pembaca yang akan menjadi calon konsumen. Dan itu bukan hal yang mudah. Keahlian beretorika saja belum cukup untuk membuat iklan yang menarik. Di bagian ini butuh seorang pengolah tulisan. Nah, di sinilah tugas terpenting copywriter. Tugas copywriter yaitu (1) mengolah materi iklan mentah menjadi materi yang menarik dibaca calon pembeli, (2) bersama penata artistik membuat bentuk yang indah dan menarik, sehingga orang mau melihat isi dari iklan tersebut. 

Mengolah materi, bukan hal yang mudah. Pertama copywriter harus membuat kalimat pembuka yang menarik. hal ini bertujuan agar pembaca mau membaca sampai akhir kalimat. Kedua, tidak hanya mengolah kalimat tentang paparan produk, tetapi menyajikan manfaat dari berbagai komposisi yang ada dalam produk tersebut, baik bahan pangan, maupun non-pangan. Ketiga memaparkan kata yang masing asing didengar pembaca, terutama yang ada dalam produk, sehingga orang tertarik untuk mencobanya. 

Bersama penata artistik menjadi bentuk yang menarik. Hal ini juga sangat penting. Jangan sampai ketika kalimat yang disajikan sudah bagus, namun artistik tidak apik. Pembaca akan malas untuk melihatnya, apalagi membacanya. Buatlah ide kreatif yang (mungkin) sedikit menggilan (sesuai kebutuhan), sehingga orang tertarik untuk melihat dan membaca. terutama jika pasarnya adalah anak muda. (MKS)

Sedikit dulu ya... semoga bermanfaat.....!!! 

Salam MKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar