Senin, 07 Oktober 2013

rimbanjani

3 September 2013 pukul 9:07
tanggal 26 April 2013, adalah hari bersejarah. Di tanggal itulah seorang bidan desa menyatakan bahwa dalam rahim ada sijabangbayi. Terkejut itu pasti, sebab tanggal pernikahan kami 11 Mei 2013. Ida Purwanto, bidan desa itu yang mengatakan pemeriksaannya tepat tidak ada kekeliruan. Ia memaparkan proses pembentukan janin adalah saat hari pertama menstruasi. Benar, bunda menstruasi tanggal 26 April dan selesai 4 Mei. Saat itu bunda kuliah terakhir semester kedua. Ternyata saat pernikahan berlangsung adalah puncak masa subur.

Datang tiba-tiba tanpa persiapan. Kaget, seperti mimpi, "glagepan", dan campur aduk rasanya. Tapi itulah rejeki Tuhan. Dia Maha Berkehendak. Semua bisa terlaksana atas ijinnya. Kami percayakan semua kepada Bidan Ida, yang katanya terkenal di desa kami, Desa Ngijo Gunungpati Semarang. Satu bulan, dua bulan, dan tiga bulan masih di tangan ajaibnya.

Bunda baru merasakan, beginilah hamil. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Senang, kaget dan serba "wow" saat merasakan ada yang baru dalam dirinya. Awalnya memang tak menyenangkan. Gelisah, "sumpek-senep" seperti tak bisa bernafas longgar. Tidur tak nyenyak karena panas. Entahlah bagaimana cara menggambarkannya. Kalau kau seorang ibu baru bisa merasakannya.

Awalnya, perut tak terasa membesar. Berat badan masih 56 kilogram. Masih seperti gadis lain yang semok dan montok. semua ukuran badan belum ada yang berubah. semua baju masih dapat dikenakan. Sepatu pun sama. Masuk bulan kedua pun tak ada perubahan yang berarti, masih 56 kilogram. Padahal porsi makan 5-6 kali dalam sehari. Pada pertengahan bulan kedua atau 10 minggu berat badan mulai menurun menjadi 54 kilogram. Tangis pun tak terhindari. Sebab, bunda merasa tak ada salah dengan asupan makan dan pola hidup. ternyata Bu Ida mengatakan wajar dan normal.

Sampai usia 12 minggu berat badan kembali ke 56 kilogram. tetap tak ada perubahan yang berarti. perut pun masih belum buncit, tak seperti orang hamil. Sampai bunda jalan dengan memegang perut bak ibu hamil, supaya orang tau kalau sedang hamil. ternyata mereka tetap tak tahu. Di usia 13 minggulah terjadi perubahan. perut sudah mulai agak buncit. diusia itulah ayah dan bunda ke dokter untuk melakukan USG. Alhasil, menakjubkan. Semua organ sudah terlihat, sampai detak jantung. Kau seperti melambaikan tangan ke orang sekelilingmu. Detak jantungmu pun bagus. itulah hal yang luar biasa dalam hidup. Melihatmu sehat dan terlihat nyaman di dinding perut bunda.

Rumah Ijo, 3 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar